[ULASAN 2] Apa itu Kernel ?

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sebuah video yang membahas mengenai Kernel yang berjudul "What is a kernel ? - Gary explains"  (https://www.youtube.com/watch?v=mycVSMyShk8&t=5s) video in diunggah ke Youtube pada tanggal 30 Maret 2016 yang sudah memiliki 137,818 views dengan durasi 9:49 menit. 

Video ini menjelaskan mengenai apa itu linux kernel dan cara kerja kernel sebagai bagian dari sistem operasi. Kernel merupakan kumpulan program-program yang dijalankan sebelum program-program lain seperti software dapat berjalan. Kernel selalu digunakan dalam setiap teknologi sekarang seperti Iot (Internet of Things) hingga Smartphone anda. Ketika sebuah komputer atau teknologi dijalankan (boot up). Kernel mengelola berbagai sumber yang dimiliki oleh CPU, Memory, dan Process dan di kernel lah tersimpan beberapa drivers yang digunakan untuk mengaktifkan bluetooth, network, mengakses sistem-file dan lain-lain. Video ini pun memaparkan jenis-jenis dari kernel yaitu Monolithic Kernel dan Microkernel Kernel dan melanjutkan dengan adanya custom kernel yang dibuat untuk smartphone Android yang dapat mengatur performa dari smartphone.

Menurut saya video ini telah menjelaskan secara singkat dan mudah bagaimana pengerjaan kernel dalam sistem operasi, bahasa yang digunakan pun tidak terlalu rumit dan mudah dimengerti oleh orang-orang awam seperti saya. Saya sangat merekomendasikan video ini untuk teman-teman yang ingin mempelajari sistem operasi namun bingung untuk memulai darimana.

GITHUB Account : stephenjaya99
URL Ulasan:  http://stephenjaya99.blogspot.com/2017/05/apa-itu-kernel.html
URL konten Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=mycVSMyShk8&t=5s
Video Author: Android Authority
Pemetaan konten: week03
Submisi Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

[ULASAN 1] Kriptografi Caesar Cipher

RANKING06

RANKING10